Selasa, 28 Mei 2013

Cabang Olahraga Unik yang Tidak Dipertandingkan Lagi di Olimpiade


Olimpiade, pesta olahraga terakbar dunia empat tahunan ini selalu ditunggu banyak orang. di Olimpiade London 2012, sebanyak 204 Negara memperebutkan total 302 medali yang tersebar dalam 26 cabang olahraga yang dipertandingkan.

Dunia tahu bahwa tidak mudah bagi cabang olahraga untuk dapat dipertandingkan diajang sebesar Olimpiade. Dengan alasan tertentu, bisa saja sebuah cabang dicoret di Olimpiade selanjutnya. Untuk itu be’el ingin memberi info cabang-cabang olahraga yang pernah dipertandingkan namun akhirnya dicoret.

  1.   Tarik Tambang
Percaya atau tidak tarik tambang atau yang terkenal diglobal dengan nama Tug-of-War ini pernah dipertandingkan di Olimpiade sejak tahun 1900 hingga 1920. Namun, permainan yang sering dilakukan di Indonesia ini akhirnya dicoret oleh IOC dengan alasan Tug-of-War tidak memiliki wadah Internasional.

  2.    Renang Indah Solo
Cara mempertandingkan olahraga ini adalah sang atlet harus menyelelaraskan diri antara gerakan yang indah dengan alunan musik yang diputar. Cabang ini terakhir dipertandingkan di Olimpiade Barcelona.

  3.    Balon Udara
Olimpiade tahun 1900 berubah fungsi menjadi festival dunia. Hal ini lantaran banyak cabang yang seharusnya tidak dipertandingkan namun tampil demi memuaskan para penonton. Salah satu cabang tersebut adalah Balon Udara.

  4.    Panjat Tali
Olahraga yang sangat diminati penduduk Amerika ini hanya bertahan di Olimpiade 1896 hingga 1932. Alasan pencoretannya karena cabang ini hanya diminati oleh satu Negara saja dan akhirnya dihapus oleh IOC.

  5.    Jeu de Paume
Pasti sulit bagi sobat be’el semua untuk mengucapkan nama olahraga ini ini. Maklum, olahraga ini berasal dari Prancis. Olahraga ini hampir mirip tenis namun lebih condong ke bola karet. Alasan dicoretnya olahraga ini karena terlalu elite. Di Dunia ini hanya ada 20 lapangan Jeu de Paume yang sebagian besar berada di Prancis.

  6.    Menembak Burung Dara
Olahraga ini juga menjadi salahsatu Olahraga yang dipertandingkan demi kepuasan penonton di Olimpiade 1900. Aturan mainnya sangat sederhana, sang atlet disuruh menembak burung dara sebanyak-banyaknya dalam waktu yang ditentukan. Alasan dicoretnya olahraga ini sangat jelas, yaitu membunuh hewan secara sengaja.

Itulah cabang-cabang unik yang pernah dipertandingkan di Olimpiade namun akhirnya dicoret. Sebagian besar cabang-cabang tersebut sangat jelas alasan pencoretannya seperti cabang Menembak Burung Dara. Semoga menambah pengetahuan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar